Toyota-PSA Kerja Sama Buat Mobil Van

Toyota-PSA Kerja Sama Buat Mobil VanToyota-PSA Kerja Sama Buat Mobil Van

Kolaborasi Toyota dan PSA Group berlanjut di Eropa. Kedua pabrikan beda benua ini akan memasuki babak baru dan siap berbagi model produksi.

Seperti tertulis dalam situs resmi Toyota, Jumat (30/11/2018), Toyota Motor Corporation (TMC) dan Groupe PSA (PSA) sudah mengumumkan kerjasama terbaru mereka. PSA merupakan produsen Eropa yang memiliki merek seperti Peugeot dan Citroen.

Mulai akhir tahun 2019, PSA akan menambah line up mobil komersial yang diberikan untuk Toyota. PSA akan menyuplai Toyota Motor Eropa mobil van C-Van yang diproduksi di pabrik Vigo Spanyol. Mobil itu akan dijual dengan merek Toyota.

Toyota dan PSE memulai kolaborasi mereka dalam kendaraan komersial ringan sejak tahun 2012. Saat itu mobil Toyota PROACE diproduksi oleh pabrik milik PSA di Hordain Prancis. Memang tidak dijelaskan, berapa banyak PSA akan memproduksi mobil Toyota ini.

Selanjutnya dikatakan tujuan dari kerjasama kedua pabrikan ini ialah agar kedua perusahaan ini menggunakan kekuatan masing-masing, untuk menawarkan kendaraan komersial ringan dan menengah untuk pasar Eropa.

Diharapkan dengan berbagi model, kedua pabrikan mendapatkan manfaat dari pengembangan dan optimalisasi biaya produksi. Selain itu Toyota akan berpartisipasi dalam pengembangan dan biaya investasi industri untuk kendaraan komersial ringan masa depan.

Kemudian mulai Januari 2021, Toyota akan mengambil alih perusahaan joint venture Toyota Peugeot Citro├źn Automobile Czech s.r.o. (TPCA) di Kolin (Republik Ceko). Perusahaan ini memproduksi model di kelas segmen A. Toyota masih merahasiakan modelnya karena masih menunggu persetujuan pihak berwenang.

Usaha patungan TPCA ini diciptakan oleh PSA dan TMC pada tahun 2002 dan ada salah satu klausul yang menyebutkan baik Toyota dan PSA bisa mempertimbangkan kembali kepemilikan saham mereka. Pabrik ini akan menjadi anak perusahaan Toyota Motor Eropa dan akan bergabung dengan tujuh pabrik Toyota lain yang sudah beroperasi di Eropa.

Pabrik Kolin akan terus memproduksi model A-segmen kompak generasi saat ini untuk kedua perusahaan. Toyota bermaksud untuk melanjutkan produksi dan pekerjaan di masa depan di pabrik Kolin.

“Perjanjian hari ini mencerminkan kuatnya kerja sama antara Toyota dan PSA. Kerja sama ini memungkinkan kami untuk memperlihatkan kekuatan masing-masing dan untuk berbagi teknologi. Komitmen kami untuk Pabrik Kolin menunjukkan filosofi Toyota dalam memproduksi mobil di mana kami menjualnya dan kehadiran manufaktur jangka panjang kami di Eropa,” ujar Wakil Presiden Eksekutif Toyota Eropa Didier Leroy.

Hal senada juga disampaikan Chairman of Groupe Managing Board, Carlos Tavares. “Kami membuka babak baru dari kemitraan kami yang sukses dan saling menguntungkan, berdasarkan hubungan kepercayaan kami untuk keuntungan terbaik dari klien kami, dan perusahaan kami,” tambahnya.

SUMBER : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *