Jurus Panjang Umur Toyota Avanza

Memasuki usia ke 15 tahun pada 11 Desember 2018 lalu, Avanza masih bisa berjaya di posisi puncak hingga saat ini. Popularitas Avanza seolah tak bisa dibendung oleh pendatang baru di segmen yang sama.

Meluncur ke pasaran sejak tahun 2004, Avanza tak pernah absen dari daftar mobil terlaris se-Indonesia. Mobil sejuta umat itu paling hanya sesekali saja disalip. Namun tidak semua mobil juga bisa menyalip Avanza. Dalam catatan detikOto, Avanza pernah diasapi sang adik Toyota Calya saat LCGC 7 seater itu baru berusia satu bulan pada September 2016. Kemudian pada Februari 2018, Avanza mulai disalip oleh pendatang baru Mitsubishi Xpander.

Toyota pun tak terburu-buru memoles wajah Avanza karena penjualannya mulai menurun. Tak bertahan lama, pada bulan Juni Avanza kembali duduk di pucuk pimpinan mobil terlaris se-Tanah Air. Keduanya saling bertukar posisi sejak itu. Hingga akhirnya pada Oktober dan November Avanza kembali menjadi raja mobil di Indonesia.

Apa yang dialami Avanza belum tentu dirasakan oleh merek lain. Ada yang baru meluncur kemudian menjadi primadona namun tidak lama langsung redup. Tak jarang juga yang penjualannya biasa-biasa saja, namun tidak bisa menyaingi Avanza.

Kira-kira apa ya rahasianya Avanza bisa panjang umur di pasar otomotif Indonesia?

“Kuncinya kepercayaan pelanggan terhadap Avanza sebagai produk yang sesuai dengan karakter kebutuhan masyarakat di Indonesia,” ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikOto, Senin (17/12/2018).¬†Soerjo sapaan akrab Fransiscus lebih lanjut menyebut karakter yang dimiliki Avanza belum dipunyai oleh para kompetitornya.

“Iya, butuh mobil yang tahan banting, bisa buat banyak orang sekaligus barang seperti kegiatan pulang mudik, harga jual kembali yang oke, layanan after sales yang mudah dijangkau,” jelas Soerjo.

Toyota disebut-sebut bakal merilis Avanza model terbaru pada awal 2019. Namun hingga saat ini Toyota masih menutup rapat informasi tersebut.

SUMBER : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *